Saturday, November 17, 2012

Sejarah dan Defenisi Barcode : Science

Barcode pertama kali diperkenalkan oleh dua orang mahasiswa yaitu drexel institute of technology, yakni bernard silver dan norman joseph woodlan di tahun 1948. mendaftarkan hak paten atas inovasi tersebut pada tahun 1949 dan di kabulkan pada tahun 1952. namun demikian baru pada tahun 1996 penemuan mereka di gunakan di dunia komersial. pada kenyataannya pengguna barcode tidak begitu sukses hingga tahun 1980-an.

namun demikian pada hari ini nyaris semua produk, mulai dari makanan, pakaian hingga sabun mandi, langsung di lengkapai dengan barcode begitu masuk pusat perbelanjaan, mini market atau toko. Walter Satterhwaite, konsultan dari masterfood, mengatakan bahwa keberadaan barcode telah membantu semua pusat perbelanjaan di seluruh dunia.

ada banyak defenisi barcode, tetapi semua defenisi tersebut merujuk pada satu hal yang sama. untuk lebih jelasnya anda bisa lihat di bawah ini :


  1.  barcode secara harfiah berarti kode berbentuk garis.
  2. sebagai kumpulan yang berbentuk garis, dimana masing - masing ketebalan setiap garis berbeda sesuai dengan isi kodenya.
  3. informasi terbacakan mesin ( machine readable ) dalam format visual yang tercetak. umumnya barcode berbentuk gari-garis vertikal tipis tebal yang terpisah oleh jarak tertentu.
  4. sejenis kode yang mewakili data informasi tertentu, biasanya jenis dan harga barang, seperti makanan dan buku. kode berbentuk batangan balok  dan warna hitam putih ini mengandung satu kumpulan kombinasi batang yang berlainan ukuran yang disusun sedemikian rupa. kode ini dicetak diatas stiker atau di kotak pembungkus barang.

No comments:

Post a Comment