Thursday, November 15, 2012

Tidak Ada Kenaikan Harga Komponen Pada Samsung


Dari kabar sebelumnya, disebutkan kalau Apple telah memutuskan untuk menerima kenaikan harga prosesor dari Samsung. Samsung sendiri dikenal sebagai perusahaan pemasok utama komponen bagi Apple, sekaligus sebagai pesaing terkuat Apple.

Menurut kabar tersebut, Samsung telah menaikkan harga komponen application processor (AP) yang disalurkan ke Apple sehingga lebih mahal 20 persen.

Hingga saat ini, baik pihak Apple maupun Samsung masih menolak memberikan komentarnya mengenai kabar tersebut.

Namun, The Hankyoreh, surat kabar asal Korea Selatan, mengungkapkan hal yang 180 derajat berbeda dari berita yang selama ini beredar. Menurut surat kabar tersebut, seperti dikutip dari The Street, Kamis (15/11/2012), Samsung masih belum akan menaikkan harga dari komponen tersebut.

Informasi tersebut didapat dari orang dalam Samsung Electronics yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurut informan tersebut, harga komponen ini sudah ditetapkan di awal tahun dan tidak akan berubah semudah itu.

Gene Munster, seorang analis dari Piper Jaffray, mengungkapkan jika Samsung benar-benar menaikkan harga komponen AP tersebut, maka kemungkinan besar Apple akan beralih ke supplier lain.

"Apple akhirnya mungkin akan mengalihkan produksi ke vendor lain (TSMC disebutkan akan menjadi pilihan dari Apple), tetapi untuk sementara waktu, mereka memang tidak memiliki pilihan lain," kata Munster.

"Kami percaya jika Apple benar-benar pindah ke vendor lain, dalam satu atau dua tahun mendatang, mungkin mereka bisa menegosiasikan harga chip yang lebih baik, yang dapat membalikan dampak dari kenaikan harga dari Samsung," jelas Munster.

Apple dan Samsung adalah dua saingan berat dalam industri perangkat mobile yang tengah berkembang pesat. Dua perusahaan ini terlibat sengketa paten di beberapa negara terkait tuduhan Apple soal pelanggaran hak kekayaan intelektualnya oleh Samsung.

Belakangan, persaingan tersebut melebar dan turut melibatkan Samsung Electronics yang merupakan penyalur komponen-komponen penting yang digunakan di gadget Apple.

Prosesor A5 dan A6 yang dipakai di iPhone dan iPad, misalnya, dipasok oleh Samsung. Tahun lalu, volume pembelian komponen chip tersebut oleh Apple diperkirakan mencapai 130 juta unit. Tahun ini, angkanya diperkirakan naik menjadi 200 juta unit.

Samsung Electronics memiliki kontrak jangka panjang untuk memasok komponen chip ke Apple hingga 2014 mendatang.

Sebelumnya, Apple sendiri pernah dikabarkan tengah berusaha mengurangi ketergantungan pasokan komponen dari Samsung.

Source : Kompas.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment